khutbah ‘UNAS’

Saya pernah dapat kebagaian tugas untuk berkhutbah dalam bahasa arab setelah  sholat dhuhur. Tapi nihil karena saya khutbahnya hampir tak bersuara karena saking tegangnya dan saya tidak begitu lancar berbahasa arab, jadinya bahasaku kacau gak karuan. Akhirnya  gak ada yang menangkap isi khutbah saya. 

 

 

Untuk yang ingin tahu khutbah saya ini dengan bahasa Indonesia, berikut inilah khutbah saya.

 

 

Assalamualaikum wr.wb

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang UNAS. Bahwa UNAS bukanlah hal yang harus ditakuti. UNAS sebenarnya hanya untuk pemetaan saja. Lulus atau tidaknya itu tergantung orang yang mau belajar. Karena walaupun Standard kelulusan UNAS semakin tinggi akan tetapi sikap para siswa untuk belajar dengan giat pasti akan lulus.

 

UNAS jangan dijadikan beban, dan anggaplah ini sebuah tantangan yang harus kita lewati. Tantangan sesungguhnya membuat sesorang semakin matang dan dewasa dalam perkembangan mental. Tantangan yang dilakoni dengan baik akan memberikan pembelajaran yang berharga bagi kehidupan seseorang. Namun jika UNAS selalu dipandang negatif dan terus mengeluh tentu akan membuat sikap mental kita menjadi lebih buruk. Sebaliknya jika disikapi dengan optimis dan penuh harapan, maka proses pembelajaran UNAS akan berlangsung dengan baik.

 

Jika Anda tidak lulus UNAS bukan berarti Anda bodoh, melainkan kesempatan yang tertunda. Jadi jangan patah semangat untuk meraih kelulusan ini. Ingat sabda Rosul:

 

   Rasulullah bersabda:

“Sesungguhnya seorang muslim yang terbaik bukanlah yang tak pernah berbuat kesalahan, melainkan mereka yang tiap kali melakukan kesalahan mengakuinya, menerimanya dan berusaha bangkit untuk memperbaikinya, lagi, lagi, dan lagi. tidak perlu ada sakit hati, tidak perlu ada kecewa.  karena sesungguhnya segala sesuatu bagi seorang muslim  adalah baik saja, selama ia bersyukur setiap mendapat nikmat dam sabar saat tertimpa musibah”.

 

Sekian dari saya mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan.

Wassalamu’alaikum wr. wb

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s