Dampak Internet

DAMPAK INTERNET

Dampak Positif Internet
Sebagai suatu teknologi, internet tentunya memiliki dampak positif dan dampak negatif. Seperti halnya sebuah pistol, anda harus berlatih untuk menggunakannya agar tembakan Anda tepat mengenai sasaran. Selain itu, Anda juga bebas memilih sasaran Anda, apakah itu lawan atau malahan kawan Anda sendiri.
Internet sudah tentu memberikan banyak sekali manfaat dan kemudahan kepada penggunanya. Masyarakat dari berbagai bidang ilmu pengetahuan seakan-akan berlomba-lomba dalam memanfaatkan teknologi internet. Sebut saja profesi dokter, siswa/mahasiswa, guru/dosen, petani, investor, dan hampir semua profesi sangat dibantu dengan adanya teknologi internet.

Setidaknya ada beberapa poin penting yang membuat teknologi internet banyak memberikan dampak positif, di antaranya:

  • Internet Memudahkan Terjalinnya Komunikasi

Teknologi internet memiliki basis berupa teknologi jaringan komputer, yang di dalamnya termasuk teknologi komunikasi data, sehingga internet menjadi jalur yang efektif untuk melakukan pengiriman data, dan juga jarak tidak menjadi masalah, terlebih dikarenakan oleh adanya penggunaan teknologi satelit.

  • Internet Bersifat Global

Menggunakan internet sama halnya dengan menyimpan data di hard disk, namun data tersebut dapat dibaca oleh seluruh orang di dunia yang menginginkannya. Sehingga, sebagai contoh, untuk kepentingan promosi suatu produk, suatu perusahaan tidak perlu lagi mencari pembeli, tetapi justru pembelilah yang mencari produk tersebut.

Secara umum, dampak positif internet yang banyak dirasakan oleh penggunanya di antaranya adalah:

  • memudahkan pencarian informasi (bahkan memungkinkan terjadinya pertukaran informasi secara cepat), serta
  • memudahkan terjadinya komunikasi (bahkan dengan relasi di luar negeri).

Selain itu juga terdapat dampak positif yang bisa dikatakan diperoleh secara tidak langsung, di antaranya:

  • memaksa pengguna untuk mempelajari teknolgoi komputer yang berkaitan dengan internet, serta
  • memaksa pengguna untuk mempelajari bahasa asing, khususnya bahasa inggris.

Dampak Negatif Internet
Internet pun, seperti halnya sebuah pistol, memiliki dampak negatif. Banyak situs yang memuat informasi yang dapat memperluas wawasan Anda, namun ada juga informasi yang tidak layak untuk konsumsi umum. Banyak informasi yang beredar di internet yang bukan merupakan konsumsi anak di bawah umur, namun siapapun dapat membuka informasi tersebut dengan mudah. Sebagai contoh di antaranya adalah topik yang sarat akan nuansa kekerasan, serta pornografi.

Selain itu, khususnya untuk masyarakat Indonesia, teknologi internet bisa jadi sangat digilai oleh kalangan pelajar, seperti halnya tren rental playstation beberapa tahun belakangan ini. Sebab internet juga memberikan fasilitas game, khususnya game online, yang memiliki lebih banyak kelebihan dibandingkan dengan game setingkat playstation. Sehingga dampaknya siapapun dapat ketagihan untuk online di internet, yang mana hal ini akan menguras isi dompet para penggunanya. Dengan kata lain, internet dapat membuat penggunanya untuk hidup boros.

Namun semuanya ini pasti dikembalikan pada individu yang bersangkutan. Ingin memanfaatkan internet untuk hidup yang lebih baik, atau demi kesenangan sesaat?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s