STISI TELKOM, yes!

Hai semuaa,,

Akhirnya ane bisa nge-post lagi, maklumlahh orang sibuk hehehe

Waktu aku yang sedang bingung mencari kuliah yang bagus dan sesuai dengan minat dan bakat, sering bolak-balik ke BK minta sarannya. Trus dikelas, temenku ada yang bawa brosur tentang SMBB TELKOM, yang ternyata mereka dapet dari BK, lah kok aku gatau? Yauda aku dateng lagi ke ruangan BK untuk minta brosurnya. Isinya ada berbagai macam jurusan dari tiap-tiap kampus gitu. Misalnya IT telkom, jurusannya banyak yang berhubungan dengan teknik, begitu pula dengan tiap-tiap kampus yang notabene ada di Bandung.

Di brosur itu ada webnya, aku telusuri lagi, gimana cara daftarnya, dan syarat-syaratnya. Setelah mantap memilih jurusan, aku bilang ke ibuku dan menunjukkan brosurnya. Awalnya sih ibuku belum menerima, mungkin dikarenakan waktu penyampaianku kurang tepat karena waktu itu ibuku lagi sibuk-sibuknya dan lagipula jauh dari orangtua! Yaudah aku paham, dan aku tunggu, mumpung belum terlambat. Lagipula disitu banyak banget jalur-jalurnya. Ada jalur JPPA-OSN, JPPAN, USM 1, UTG1,JPPAU,  USM2, UTG 2, dan DCBT. Tiap-tiap jalur beda biaya.

Waktu bulan itu masi jalur prestasi, yang gak mungkin aku dapat, karena aku bukan orang yang pernah memenangi olimpiade dan sebagainya. Saatnya USM 1, aku liat harga-harganya masih selangiiit, jadi mungkin ibuku yang gak mau, kemahalan gaan!  Yauda aku diem aja, mungkin ada yang lebih baik hehehe. Ternyata saat bulan jalur UTG 1, ibuku tiba-tiba tanya, “jadi gak daftar ke telkom?”, aku yang waktu itu lagi makan langsung mengiyakan, “jadi ma”. Hahaha asiiik akhirnya ibuku membolehkanku daftar ke telkom, tapi pas tau kalo kampusnya di Bandung, ibuku kaget.” Apa gak kejauhan nak?”, aku merasa itu belum jauh, masi pulau jawa tuhh -,-

Akhirnya aku daftar lewat online di situs http://smbbtelkom.ac.id cukup mudah pendaftarannya, pokoknya data harus diisi yang benar, gan. hasil print out untuk membeli pin via ATM
Baru setelah mendaftar lewat online, aku bayar pendaftarannya sebanyak Rp.300.000 untuk membeli pin yang nantinya diisi untuk membuat kartu ujian. Setelah dibeli pinnya, di situ ada passwordnya. Jadi waktu registrasi pendaftarannya masukin pinnya itu tadi yang ada di struk pembayaran di ATM. Bank yang bisa itu bank Mandiri, BRI, dan BNI. Stelah registrasi berhasil, kita tinggal cetak kartu ujian itu.

 

 

Sebelum mencetak kartu ujian, disitu kita masukin datanya, mulai dari nama, tanggal lahir, asal sekolah, jurusan yang akan dipilih. Untuk jurusan, kita dibebasin milih maksimal 12. Enak kan? Gak kayak SNMPTN, kita dibatesin maksimal 2 jurusan. Setelah mantep dengan jurusan yang kita pilih, kita masukin pas foto terbaru kita. Masukin foto di situs itu susaah banget gan. Soalnya kapasitas fotonya di batesin, maksimal 1 MB. kalo kapasitasnya gede gak bisa masuk gan. Aku aja ngulang bolak-balik sampe aku ubah ukuran lewat photosop hahahaha😀 kalo uda yah tinggal di cetak/ di print. Aku cetak ukuran b5, soalnya a4 kegedeaan hahaha. Tapi gapapa si kalo menurut agan-agan semua yang penting kartu ujiannya dicetak. Setelah cetak, bagian foto disebelah kanan kita kudu tempelin foto asli yang sama dengan kartu ujian itu. Supaya foto kita gak dibilang palsu! Hihihi

Seperti ini gambarnya..

 

Next, setelah kartu ujian siap. Kita tunggu untuk ujian test-nya, tergantung tempat kita tinggal dimana, kita tesnya di tiap titik yang berdekatan dengan kota tempat tinggal kita, yah mirip SNMPTN gitu. Kalo aku yang rumahnya di surabaya, test-nya di SMAN1 surabaya. Lihat di kartu uijannya gan, yang ada lokasi ujiannya. Masing-masing jurusan sama test-nya, kecuali anak STISI dan IM dkv yang berhubungan desain itu gak perlu ujian pada sesi ke 1, langsung aja ke sesi 2 pada jam setelah sesi 1.

jenis ujian test telkom lokasi ujian yang di bagi ke beberapa wilayah di indonesia
Untuk ujian, kita harus pake baju sopan lah, dan yang terpenting jangan ngaret! Materi ujian itu tergantung jurusan yang kita ambil. Kalo aku milih STISI jurusan DKV, jadi test-nya pada sesi ke 2. Materi ujiannya ya mudah, TPA (Tes Potensi Akademik), dan bahasa inggris. Semua test itu tertulis, dan terjadwal. Jadi setelah ujian, kita tunggu pengumumannya 1 minggu. Misalnya aku ikut ujian jalur UTG 1 pada tanggal 12 februari, pengumumannya tanggal 22 februari melalui online dan via post yang akan dikirimkan ke rumah masing-masing peserta.

Sewaktu pada hari H ujian, gak ada yang mau nganterin. Aku minta dianterin gara-gara gak ada STNK, takut kena tilang. Tapi karena aku berambisi ingin keterima TELKOM, ya aku harus berani bertempur. Untung aja aku gak telat, padahal hampir mepeeet pet. Aku disana satu ruang sama haikal, temenku anak Luqman al-Hakim. Walau aku gak satu sekolahan sama dia, tapi sekolahnya dia itu ada di kampusnya SMP ku. Dia milih IT jadi jadwalnya ikut sesi 1 dan 2, kalo aku masuk desain ya Cuma sesi 2 aja. Setelah ujian, aku diledekin sama dia, intinya ngece dengan kemampuanku hahaha. But, i dont care with some people and i belive in my self. Aku percaya, aku bisa!

Pada tanggal 22 februari 2012, pengumuman keluar jam 2 siang. Tapi loadingnya lama dikarenakan banyak yang akses, jadi aku liatnya pada malem hari. Awalnya aku gak berani liat, deg-degan hehehe. Waktu itu aku punya kenalan facebook yang sama-sama ikut SMBB TELKOM, kenal dari komunitas SMBB di fb. Dia ngasi tau kalo aku keterima, aku gak yakin, mana mungkin dia tau namaku kalo bukan aku yang ngasi tau. Eh ternyata benar! Pas buka pengumumannya, aku keterima!

Alhamdulillah aku bersyukuur bangett, ternyata apa yang aku usahain gak sia-sia. Banyak yang gak percaya kalo aku keterima hehehe.

 

Awalnya aku kasi tau ke bapakku, dia gak percaya juga dan tiba-tiba aku di kasi sangu sebagai ucapan selamat. Asikkk kedua ibuku, yang waktu itu beliau lagi di jakarta buat urusan pekerjaan, aku kabarin lewat sms, diucapin, Walau aku udah di terima di dua sekolah, yaitu pertama di STIKOM surabaya itupun gak pake test, dan yang ke dua di STISI TELKOM itu tadi, tapi beliau juga pengin aku coba di SNMPTN.  Waduuhhh aku wes maless ikut, jurusan opo nehh tapi gapapa wes ikut aja, isinya asal-asalan ae hehehe. Tau kenapa? Ibuku pengin aku ke ITS, tapi aku gamau soalnya deket sama SMP ku, masa kesitu lagi?. Aku bilang ke ibuku, “yauda aku ikut SNMPTN tapi inget aku gak akan milih surabaya jadi prioritasku, oke?”. Ibuku jawab,”oke itu hakmu, tapi kamu aneh, banyak yang jauh-jauh ke surabaya buat kuliah di ITS, lah kamu malah keluar surabaya”. Hahaha ya gapapa to?😀

Tinggallah bapakku yang masih belum ikhlas, beliau memintaku ke Bandung secepatnya untuk melihat-lihat kampusnya. Padahal jadwalku padet dan banyak ujian. Kalo ibuku wes ikhlas dan mala dukung aku 100%. Pas aku curhat soal bapakku, dia bilang, ”halah nyapo bapakmu iku, kita bayar registrasi awal dulu aja, trus setelah UNAS kamu ke Bandung langsung nyari kost aja. Gitu aja repot”. Hahaha yauda aku ikuti saran ibuku. Intinya wes jalani apa adanya aja, biarlah itu mengalir adanya heheeh. Thanks Mom, you are my everything.  Dan ternyata benar, doa orang tua mampu mebuat kita untuk menuju kesuksesan!

30 thoughts on “STISI TELKOM, yes!

    1. iya hehee, kalo stisi yg dkv itu tesnya mudah kok, cuma tes TPA (tes potensi akademik), bhasa inggris, itu aja dan tes itu hanya pada sesi ke dua.
      kmu juga mau masuk stisi?🙂

    1. iya sama” kawan..

      hem STISI itu sekolah kusus desain aja, kalo IM itu Institut manajemen, jadi IM itu kita bisa belajar manajemen gt, bagaimana kita bisa memanejemenkan hal ini itu. ya gt lah pokoknya, beda fokusnya aja, tapi yg kita pelajari sama kok.

      masalah potensi kreatif ituu kita bikin gambar dari beberapa titik itu, terserah kita mau gambar apa yg penting ada ceritanya, kayak istilah menyambungkan gmbar menjadi sebuah cerita gt aja, tp gak boleh pake penghapus lhoo

      uda gitu aja, semoga sukses ya🙂

  1. Salam kenal, Kak Niezha, panggil saya dengan sebutan Ijah saja. Insyaallah saya akan lulus tahun 2013 ini. Rencananya, disuruh sama ortu untuk ngikutin UTG-1 2013 tanggal 13 minggu ini. Nah, saya niatnya masuk ke STISI juga hehe. Kalo Kak Niezha ikutan tes potensi kreatif-nya gak? Itu kaya gimana sih? Gambar2 gitu? Waktu itu kakak sendiri gambar apa? Sharing please >/\<

  2. Haloo, ak lg cari2 info DKV trs nemu blog kakak ni..
    Ak pengen masuk stisi dkv juga, boleh dong ya tanya2 dikit >.<

    kalo pas tes masuknya itu ada disuruh tes gambar2 gtu gak? Soalnya kemampuan gambarku agak kurang.. Hiks T.T

    tolong dibales ya kak.. Makasih

    1. gak terlalu dek, paling mentok ya TPA, klw ada ya tes gbrnya itu dari titik” trus dijadikan gambar sesuai dg ceritamu🙂

  3. assalamualaikum kak, aku bingung banget nih milih jurusan. terus lihat2 di web kok kayaknya stisi dkv seru ya.
    tapi aku takut banget tesnya gak masuk.
    masih tahun depan sih, tapi kak mau tanya.
    di stisi dkv itu diajarin apa aja?
    soalnya aku gak bisa corel nih kak mentok cuma photoshop.

    1. wa’alaikumsalam.
      lah km suka apa loh dek? yakin bisa kok. gampang tesnya😀

      diajarin apa aja? ada di blogku, tugas kuliah.
      sok aja atuh diliat😀

  4. Permisi mba nisa ,begini mba aku mau nyoba daftar di STISI Telkom yg DKV ,nha ini kan kebetulan sekolahku pendagtaran paling lambat besok ,tapi aku masih bingung ,buat masuk DKV itu nanti per semesternya berapa ?
    terus prospek kerja nya gimana mba ?
    Balas secepatnya ya mba nisa ,terimakasih🙂

    1. stt telkom itu sekolah bagian ilmu teknik kalo stisi sekolah bagian ilmu desain
      tp sekarang uda gabung jd TELKOM UNIVERSITY. jd bukan kampus tetanggaan. maaf baru apdet🙂

    1. akreditasi kurang tau yah, tp insya Allah bagus kok. saya aja kuliah ga mikir akreditasi yang pnting niat kuliah, belajr sungguh”🙂

  5. ass.. mbak mau nanya. ada temenku ni yang ikut jpa tahun ini. mau masuk tahun 2015, katanya tes potensi kreatif buat jurusan DKV itu ada sekaligus gambar-gambar ya? terus di suruh gambar buah-buahan dalam kerang,manusia, dan apa satu lagi saya lupa. emang bener gitu ya mbak? soalnya saya mau ikut UTG II tanggal 31 mei ini. mohon jawabannya ya mbak. tapi, ada kemungkinan gak buat yang ga pande gambar kaya aku ini lulus? -__-

    1. wa’alaikumsalm maaf telat balesnya.. iya dek klo uda niat n usaha serta doa pasti lulus dg ijin Allah. semngat ya!

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s