Nirmana 2 Dimensi ‘_____’

Selama jadi mahasiswa DKV STISI TELKOM, saya bener-bener ngerasain jadi mahasiswa. Salah satu mata kuliah yang bikin emosi adalah NIRMANA. Kok seperti nama orang yak? Nirmana itu sebenernya berasal dari bahasa sansekerta yaitu Nir artinya tidak, mana artinya makna, jadi artinya nirmana itu adalah suatu yang abstrak atau tidak ada maknanya. Hmm, maksudnya apan sih?? Beginii, Nirmana itu adalah sesuatu penyusunan elemen-elemen visual seperti titik, garis, warna, ruang dan tekstur menjadi kesatuan yang harmonis.

Nirmana itu dibagi menjadi 2, yaitu 2 Dimensi dan 3 Dimensi.

Selama ada matkul ini, bikin saya kurang tidur, makin hobi bergadang demi tugas ini, sangat melelahkan memang. Butuh kesabaran, kalo tidak ada kesabaran, semuanya pasti akan sia-sia. Karena dengan tugas ini, kita dilatih untuk peka, sabar dan teliti.

Baik sebelum dimulai, saya akan bahas tentang NIRMANA 2 DIMENSI.

Dan akan saya jelaskan satu per satu tentang tugas ini, dimulai awal yaitu NIRMANA GARIS. Nirmana 2D pertama saya, materi garis. yahh awal itu saya gatau nirmana itu apa dan gatau bikinnya kayak gimana, saya lirik kanan kiri tapi gamau sama dengan ada jadi saya buat beda versi saya 😀 abstrak yaa.. wkwkwk

 

tugas 1. nirmana garis
tugas 1. nirmana garis

Sebelum bikin itu, saya bikin asistensi sebanyak 3 dengan ukuran 20x20cm dengan alat spidol dan penggaris dan kertasnya pake hvs/sketch book, setelah itu dipilih salah satu sama dosen. Setelah proses asistensi selesai, kita bikin di media yang agak gede, ukuran media concorde 40x40cm dengan alas dupleks putih 50x60cm.

Yang ke DUA adalah BIDANG, bahan pembuatannya sama seperti yang diatas, dengan menggunakan cat poster hitam, bikinnya harus rapi, gak boleh jembret-jembret . pertama bikin itu butuh ide segar karena saya gamau sama dengan yang lain, akhirnya terciptalah ini 😀

 

tugas 2. bidang
tugas 2. bidang

Ini masi dalam bentuk asistensi, yang aslinya hilang entah dimana, ketinggalan di kampus pas dicari gak ketemu-ketemu 😦

Yang ke TIGA adalah GRADASI HITAM PUTIH. Pertama adalah Hitam-Putih. Sebelum membuat asistensi, kita diharuskan membuat tahapan gradasi hitam ke putih, jadi harus ada tahapan-tahapannya dulu. Fungsinya agar melatih kita untuk mengolah warna, yap, agak-agak susah memang, kadang warna yang kita dirasa cocok tidak sesuai dengan apa kata dosen, jadi harus ekstra sabar lah, saya pernah gagal hingga 3 kali! -_-

Setelah tahapan uda disetujui, kita bikin gradasinya yang telah di ACC ke media yang lebih besar, dengan memakai cat poster, seperti biasa..

hitamputih
hitamputih
tugas3. gradasi hitam-putih
tugas3. gradasi hitam-putih

 

Itulah tugas saya, karena mengerjakannya mepet sekali, jadinya saya bikinnya agak kilat, mankanaya gak rapi akibat terburu-buru, bahkan ada yang tertinggal (tanda tanya). Yap saya memakai kertas stiker untuk memudahkannya, tapi kesulitannya ya ukurannya sering tidak pas, terlihat jelas kalo punya syaa sering tidak rapi akibat pengerjaannya terlalu mepet 😦

Yang ke EMPAT adalah GRADASI WARNA, seperti biasa sebelum membuat kita harus bikin tahapannya dimulai dari merah ke biru, biru ke kuning, dan  merah ke kuning.

 

tahapan gradasi warna
tahapan gradasi warna

After that, kita bikin gradasi warna itu, seperti biasa yaa, saya bikinnya selalu tidak pernah rapi, sial banget, karena sayang orangnya memang tidak sabaran, jadi hasilnya kurang maksimal. Sedih banget 😦

 

tugas 4. gradasi warna
tugas 4. gradasi warna

Yang ke LIMA adalah GRADASI BIDANG WARNA, tapi sayangnya tugas ini tidak saya umpulkan, dikarenakan saya terlalu banyak mikir, terlalu pemalas, terlalu memainkan perasaan ditimbang mengerjakannya, alhasil sampai sekarang tugas satu ini tidak saya kumpulkan, padahal menurut saya lumayan. Jadi maaf tidak ditampilkan 😀

 

 

Dan yang terakhir adalah TEKSTUR. Yaahh kita mebuat tekstur sebagai syarat UAS, bikinnya bisa dengan majalah atau bahan alam. Karena saya anak asrama, gak doyan ngumpulin majalah, jadinya saya pakai bahan alam saja, lebih terasa teksturnya hehehe 😀

Seperti ini nih, putih: kapas, hijau: daun pisang, merah: batu bata merah, coklat: daun pisang yang mengering, krem: batang korek, dan abu-abu: koran. Lumayan rapi kan daripada yang lain-lain, tapi sayangnya dosen memberiku nilai yang sangat menyedihkan 😦

 

tugas6. tekstur
tugas6. tekstur

 

sekian ini dari beberapa tugas nirmana 2 Dimensi, saya memang awam soal desain, tapi karena saya suka maka saya akan terus berusaha untuk menjadi lebih baik, agar saya bisa menjadi ahli desain, amiien 🙂

jadi mohon maaf tugas saya gak jelek, maklum masi belajar, dan kita tak bole untuk lelah belajar. karena desain luas sekali, dan ilmu kita masi sedikit :3 hehhee.

see you next timee, jangan lupa liat karya kami nirmana 3 Dimensi di halaman selanjutnyaa  hahayy 😀

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s