Nirmana 3 Dimensi

Kemarin saya uda jelaskan tentang nirmana 2 dimensi. Sekarang saya jelaskan tentang nirmana 3 dimensi. yah agak sama si dengan 2D tapi ini dalam bentuk 3 dimensi yang dimana medianya agak besar daripada 2D yang medianya hanya sebatas diatas kertas.

Tugas pertama saya, materinya menggunakan kertas gloria.

ini nirmana 3D yang pertama, materi menggunakan kertas gloria. bikinnya gampang-gampang susah. soalnya harus bikin di ukuran 40x40cm, dan harus mengcut garis yang akan di bentuk. belum lagi bagian dalamnya di ukuran 6x6cm. jadi berapa kotak yang harus di cut? pegel pasti rasanya tangan ini pingin dipijat-pijat hehehh

proses pembuatannya. bikinnya di belakang jadi bisa menggaris sesai bentuk yang diinginkan
proses pembuatannya. bikinnya di belakang jadi bisa menggaris sesai bentuk yang diinginkan
IMG00730-20121011-1228
ini hasil finish-nya setelah dikumpulin. akhamdulillah ya dapat 70. padahal acc-nya pada hari itu juga tp untungnya uda bikin medianya di hari sebelumnya,, fiuuhhh~

itu adalah salah satu dari antara karya yang dibuat di media kertas. agak melelahkan memang. bikinnya jg gak sebentar. jadi membuatnya jg harus ekstra sabar, agar hasilnya maksimal.

yang ke Dua, materi tentang Korek. aasshh bikin accnya uda agak besar, dengan media gabus atau sterofoam di tumpukย ukuran 25x25cm. Setelah di acc baru dipindahkan di media tripleks ukuran 50x60cm kalo gak salah yaa,. jangankan gampang, bikin di sterofoam aja uda bengkok-bengkok koreknya. Apalagi kalau di tripleksnya duhh tangannya kapalan semua belum lagi koreknya patah-patah kalo ga kuat lubangnya. gak sanggup kalo bikin seharian. Baru sanggup 3 hari dah! Mau selesai eh tiba-tiba nirmana korekku terbakar! untung gak seluruhnya terbakar habis, duhh jadinya aq kumpulinnya ditunda. pas dikumpulin ada beberapa dosen yg menertawakan kecerobohanku. huu~

but makasih buat temen-temen yang uda bantuin saya buat nyelesain nirmana ini, huu~ terharu

inii pas di ACC koreknya
inii pas di ACC koreknya
ini asil nirmana korekku di media tripleks. sebagian gosong sebagian tidak hehee
ini hasil nirmana korekku di media tripleks. sebagian gosong sebagian tidak hehee

Setelah korek, yaitu nirmana Sedotan. yayaa medianya pake sedotan, dibentuk-bentuk gimanaaa trus mau dibuat kayak gimana, tingginya maksimal 30cm kalo gak salah yaa… punyaku simpel, tapi kurang kuat tegaknya. pas dikumpulin dosennya malah megang-megang sedotannya, kayak mau di tindih gitu. penasaran kuat apa gak, waduhh!ย sebelum dikumpulin, aku bikin box-nya biar sedotannya gak roboh heheh.

inii bentuknya, entah bentuknya gak jelas, gak ada maknanya haha (ya iyalah namanya jg nirmana :p)
inii bentuknya, entah bentuknya gak jelas, gak ada maknanya haha (ya iyalah namanya jg nirmana :p)

Setelah sedotan, ada lagi yaitu gipsum! yaa pertama-tama bikin acc-nya di plastisin/lilin. waahh yaa harus agak gede biar pas nyetaknya gampang. bentuknya harus buah, ya buah apa yang bisa di bentuk itu ya, aku lupa hahah.. aku ambil buah manggis, tapi kesannya bukan kayak manggis, malah buah aneh gituu (gak jelas bentuknya sihh). karena gatau cara buatnya di gipsum, jadinya ikut temenku ke bekasi buat bikin gipsum, sekalian jalan-jalan hehhee. ternyata setelah gipsumnya jadi, tuh berat bangett. apalagi bawanya sampai kelelahan aku huu ๐Ÿ˜ฆ tapi alhamdulillah nilai nirmanaku membaik, dan nilai terbagus dari antara nirmana-nirmana yang lain haha ๐Ÿ˜€

yang di acc tuh yang sebelah kanan :D
yang di acc tuh yang sebelah kanan ๐Ÿ˜€
ini diaa, bikinnya harus buat negatif+positif. ya otomatis bawanya jg berat huu. rawan pecah. kayak tanah liat tuu :D
ini diaa, bikinnya harus buat negatif+positif. ya otomatis bawanya jg berat huu. rawan pecah. kayak tanah liat tuu ๐Ÿ˜€

next, ada tugas lagii, terakhirr MIX MEDIA! yeaahh, mix media halahh ribet tuu, tapi bikinku sangat sederhana sekali. cuma medianya botol aqua, kawat, dan ban sepeda. Awalnya aku gatau mau bikin apa dan bingung bangett kayak gimana. daripada beli besi yang berat-berat, ngabisin duit pula. tiba-tiba ideku muncul pake ban sepeda motor! yakinn? jujur aja ideku spontan datang gitu aja, karena habis ban sepedaku bocor dan harus diganti lagi, yaudah yang bekas daripada kebuang, jadinya buat nirmana aja wkwkw :p

pas dikumpulin aku tolah-toleh kanan kiri. waahh temen-temen pada bagus banget karyanya, bagus-bagus juga, huu. jadinya malu, tp gapapalah bikinan karya anak negeri patut bangga ๐Ÿ˜€

ini hasilnya, jelek kaan :D  bentuknya mirik kayak keranjang kue yang biasanya ada di ruang tamu itu looh, tapi bentuknya entahlah gak jelas wkwk :p
ini hasilnya, jelek kaan ๐Ÿ˜€
bentuknya mirip kayak keranjang kue yang biasanya ada di ruang tamu itu looh, tapi bentuknya entahlah gak jelas wkwk :p

udah gitu aja nirmana 3Dimensi selama 1 semester, agak seru sih, tapi nguras energi dan emosi ๐Ÿ˜€

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s